PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI GERAK TARI MENTHOK PADA ANAK KELOMPOK A RA ISLAMIYAH TEMPLEK GADUNGAN KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ELVI RATNANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0542P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran dibidang pengembangan fisik motorik kasar kelompok A sangat monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motifasi belajar anak yang rendah, yang pada akibatnya hasil belajarnyapun juga rendah.
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan gerak tari menthok dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A RA Islamiyah Templek.
Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 16 anak didik, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dan menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar observasi guru dan anak didik dan lembar penilaian kemampuan fisik motorik kasar anak.
Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pembelajaran melalui gerak tari mentok terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok A RA Islamiyah Templek Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan belajar, pada siklus I mencapai 37,5%, Siklus II mencapai 68,75% dan meningkat pada Siklus III menjadi 87,5 %.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan bagi guru harus meningkatkan kreativitas anak dalam mengembangkan pembelajaran dengan ide yang baru, agar anak lebih bersemangat dalam belajar, khususnya di bidang pengembangan fisik motorik kasar, bagi orang tua diharapkan menyediakan fasilitas bagi anaknya untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasarnya, salah satunya adalah VCD yang berisikan gerakan-gerakan tari, sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran diperlukan persiapan yang matang dan keseriusan yang tinggi agar kegiatan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan pemberian tugas dapat berlangsung dengan lancar.