PENINGKATAN KEMAMPUAN BERLARI CEPAT MELALUI PERMAINAN LARI BENDERA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA TALES KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUKLISATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0541P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan motorik kasar anak, hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran yang pasif, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien dan strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga dalam proses pembelajaran anak merasa bosan. Kurangnya guru dalam memberikan stimulasi-stimulasi dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah: apakah permainan lari bendera dapat meningkatkan kemampuan berlari cepat pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Tales. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Kusuma Mulia Tales yang berjumlah 19 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, lembar observasi anak dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan lari bendera dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berlari cepat pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016 terlihat dari persentase rata-rata kemampuan anak yang tuntas belajar dalam siklus I mencapai 31%, siklus II mencapai 74%, dan siklus III mencapai 84%. Dengan demikian pembelajaran melalui permainan lari bendera dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan berlari anak kelompok A di TK Kusuma Mulia Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Dengan memperhatikan penelitian tindakan kelas ini bahwa berkembangnya berlari cepat anak melalui permainan lari bendera, maka peneliti menyampaikan beberapa saran antara lain bagi guru TK : (1) Guru memberikan kesempatan pada anak untuk membentuk pengetahuan mereka sendiri sehingga dapat mengembangkan kemampuan berbahasa. (2) Guru perlu memeriksa dan memberikan umpan balik terhadap pemberian tugas yang dilakukan anak. Sedangkan untuk orang tua sebaiknya ikut membantu dalam usaha perkembangan kemampuan berlari cepat anak, terutama saat anak berada di rumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI