UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA DENGAN GAMBAR PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TALES KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0540P

Abstract

Abstrak ANDRIANI: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita dengan Gambar pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di TK Dharma Wanita Tales masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas masih monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar anak untuk mengembangkan ide-idenya masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan bercerita dengan gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 20 anak didik. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH, lembar penilaian kemampuan berbicara anak, lembar observasi aktifitas anak, dan lembar observasi aktifitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan berbicara anak sebelum diterapkan kegiatan bercerita dengan gambar adalah 4 anak yang sudah tuntas dengan prosentase 20% dan 16 anak yang belum tuntas dengan prosentase 80%. (2)Kemampuan berbicara anak pada waktu diterapkan kegiatan bercerita dengan gambar pada siklus I ada 9 anak yang tuntas dengan prosentase 45% dan 11 anak yang belum tuntas dengan prosentase 55%, sedangkan pada siklus II ada 13 anak yang tuntas dengan prosentase 65% dan 7 anak yang belum tuntas dengan prosentase 35%. (3)Kemampuan berbicara anak setelah di terapkan kegiatan bercerita dengan gambar adalah 17 anak yang tuntas dengan prosentase 85% dan 3 anak yang belum tuntas dengan prosentase 15%. (4)Ada peningkatan kemampuan berbicara anak setelah di terapkan kegiatan bercerita dengan gambar sebesar 65%. Dengan demikian melalui kegiatan bercerita dengan gambar dapat meningkatkan kemamuan berbicara anak kelompok B TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan hipotesis diterima. Kata kunci: kemampuan berbicara, kegiatan bercerita, gambar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI