MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELOMPOK B RA ROUDLOTUL HUDA JOHO KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MUSLIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0539P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar anak yang masih sulit untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Anak masih kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari guru atau menjawab pertanyaan dengan jawaban-jawaban yang tidak tepat. Anak tidak dapat menceritakan pengalamannya dikarenakan kemampuan berbicara anak tidak lancar. Kebingungan atau ketidakmampuan anak dalam berbicara disebabkan karena bahasa yang digunakan campur-campur antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa yang terbiasa dipakai sehari-hari. Keterbatasan anak dalam mengungkapkan bahasa lisannya di kelas dikarenakan metode yang digunakan guru belum tepat dan belum sesuai dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. Guru lebih sering menggunakan metode bercerita tanpa menggunakan media.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : “Apakah pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada anak didik Kelompok B RA Roudlotul Huda Joho Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016” Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah metode bercerita dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada anak didik Kelompok B RA Roudlotul Huda Joho Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B RA Roudlotul Huda Joho Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM, lembar observasi guru dan anak didik dan lembar penilaian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran melalui metode bercerita dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B RA Roudlotul Huda Joho Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.