MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RA DARUL ULUM REJOTANGAN KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

NUR AZIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0537P

Abstract

ABSTRAK NUR AZIZAH: Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A RA Darul Ulum Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi. PG-PAUD, FKIP. UN PGRI Kediri. 2016. Kata kunci : kemampuan berhitung, bermain kartu angka Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa proses belajar tanpa melibatkan proses mental anak akan mengakibatkan anak merasa jenuh, cepat bosan, tidak kreatif dalam berpikir dan tumbuh sikap negatif pada diri anak terhadap aktivitas belajar matematika. Persepsi belajar matematika sebagai tugas atau beban yang menyiksa karena anak dikondisikan hanya untuk mengikuti apa yang diperintah guru atau orangtua inginkan. Meskipun setiap hari anak melihat, menunjuk dan menyebutkan angka-angka dari satu sampai sepuluh bahkan lebih, tapi anak tidak membuat anak menjadi cepat memahami konsep bilangan. Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar anak kurang bermakna. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah melalui penggunaan media kartu angka. Media ini sangat sederhana, mudah digunakan, mudah dicari atau dibuat. Selain itu media kartu angka yang dibuat dengan variasi warna-warni akan mampu menarik anak untuk mengenal sekaligus mengembangkan kemampuan kognitif anak terutama dalam menyebut bilangan 1 – 10. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang 1-10 pada siswa kelompok A RA Darul Ulum Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan data tentang kemampuan kognitif dalam membilang angka 1-10 pada anak kelompok A RA Darul Ulum Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A RA Darul Ulum Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM, lembar observasi guru, lembar observasi anak didik dan lembar penilaian kemampuan anak didik dalam membilang angka 1-10. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam membilang atau menyebut angka 1-10 melalui media kartu angka, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI