MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1–10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIJI SALAK DAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BAKUNG KECAMATAN UDANAWU KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RINI ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0536P

Abstract

ABSTRAK RINI ANDRIANI. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1–10 dengan Menggunakan Media Biji Salak dan Kartu Angka Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif masih rendah, hal ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak pada hasil nilai perkembangan anak yang hasilnya rendah. Permasalahn peneliti ini adalah “Apakah pembelajaran dengan menggunakan media biji salak dan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Dharma Wanita Bakung, penliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu : siklus I, siklus II dan Siklus III. Pada setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media biji salak dan kartu angka efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Bakung. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan berjumlah 6 anak (30%), pada Siklus II meningkat menjadi 11 anak (55%), pada siklus III meningkat menjadi 18 anak (90%). Berdasarkan simpulan hasil ini, direkomendasikan hendaknya hasil belajar anak yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tetap diperhatikan atau ditingkatkan lebih baik lagi. Pembelajaran dengan menggunakan media biji salak dan kartu angka dapat meningklatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak didik. Pihak sekolah hendaknya mendorong guru untuk melakukan kegiatan belajar yang inovatif sehingga berdampak positif dalam perkembangan anak serta mengembangkan kemampuan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kata kunci : mengenal konsep bilangan, media biji salak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI