MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI MEDIA PEWARNA DENGAN METODE PERMAINAN WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH JATI KECAMATAN UDANAWU KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ARINI MUSTAIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0535P

Abstract

ARINI MUSTAIDAH: Mengembangkan Kemampuan Sains Permulaan Melalui Media Pewarna Dengan Metode Permainan Warna Pada Anak Kelompok A di TK AL-Hidayah Jati Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015-2016, Skirpsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pangalaman peneliti bahwa kemampuan sains di Kelompok A TK AL – Hidayah Jati kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar belum berkembang optimal. Dalam proses pembelajaran kemampuan sains, guru hanya menggunakan metode pemberian tugassaja sehingga, anak masih cenderung pasif dan anak merasa jenuh serta hanya menjadi penonton, pada akhirnya hasil belajarpun tidak tercapai secara optimal. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah pemanfaatan media pewarna dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak Kelompok A TK AL – Hidayah Jati kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar?Penelitian ini menggunakan pendekatan PenelitianTindakanKelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A di TK AL – HidayahJati Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Tahun ajaran 2015-2016, yang berjumlah 28 anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen RPPM, RPPH, Lembar Penilaian Anak dan Lembar Observasi Guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media pewarna dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan sains pada Anak Kelompok A di TK AL - HidayahJatiKecamatanUdanawuKabupatenBlitar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai 57%, pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 69%, sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 84%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan agar guru memilih metode dan media yang menarik dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran kemampuan sains sehingga hasilnya baik dan tidak membosankan. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan- rekan yang terjun di dunia pendidikan. Kata kunci : kemampuan sains, media pewarna, metode permainan warna

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-09-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI