MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI MELUKIS DENGAN MEDIA SEDOTAN PADA KELOMPOK B DI RA CERIA DARUL FAQIH PURWOKERTO SRENGAT- BLITAR


Author (Penulis)

ISMI KUMAIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0533p

Abstract

Abstrak Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di RA Ceria masih kurang bervariasi, ruangan kelas yang sempit, media yang digunakan juga kurang bervariasi, sehingga suasana kelas jadi pasif dan akhirnya hasil pembelajaran pun juga rendah. Rumusan masalah penelitan ini adalah apakah melukis dengan menggunakan media sedotan dapat meningkatkan seni lukis pada anak kelompok B di RA Ceria “Darul Faqih” Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015-2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 10 anak didik pada RA Ceria “Darul Faqih” Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan hasil ketuntasan belajar anak didik mencapai 80% pada siklus ke tiga. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi anak didik dan rubrik unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil ketuntasan belajar anak pra siklus atau pra tindakan mencapai 10% dan yang belum tuntas sebanyak 90%. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak tiga siklus. (2) Hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I sebanyak 20% yang belum tuntas 80%. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar anak sebanyak 60% yang belum tuntas 40%. (3) Hasil ketuntasan belajar anak pada siklus III sebanyak 80% dan yang belum tuntas sebanyak 20%. (4) Perbedaan ketuntasan belajar anak sebelum dan sesudah tindakan sebesar 70% sehingga dapat diketahui ada peningkatan. Dengan demikian dapat dikatakan melukis dengan media sedotan dapat meningkatkan kemampuan seni melukis anak pada kelompok B RA Ceria “Darul Faqih” Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Kata kunci : Kemampuan, seni, melukis, media sedotan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI