Peningkatan kemampuan Konsep Bilangan Melalui Media Manipulatif Piring Angka 1-10 Pada Kelompok A Tk Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri


Author (Penulis)

SRI SULASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0524p

Abstract

ABSTRAK Sri Sulasih : Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Manipulatif Piring Angka l-10 Pada Anak Didik Kelompok A TK Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, Skipsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan lhnu Pendidikan Universitas PGRI Kediri 2016. Kata Kunci : kemampuan mengenal konsep bilangan, media manipulatif piiing angka. Penelitian ini dilatarbelakngi hasil pengamatan dan pongalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan peserta didilq masih rendah sebagian besar siswa masih mengalarni kesalahan dalam men;'ebutkan urutan bilangarl suasana kelas menjadi pasif dan mernbosankan. Hal ini disebabkan beberapa faktor dan untuk mengkaji serta memecahkan t€rsebut dapat dilakt*an t ordasaikan faldor-faktor. KarEna itu uftuk meniecahkan masalah deflgali melakukan penelitian tindakan kelas. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media manipulatif piring angka 1-10 dapet meningkatkan kernampuan mengenal konsep bilangan anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok A TK Dharma wanit Jagul yang berjumlah 16 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tigas siklus, menggunakan instrument berupa RPPM (Rencana Pelaksanaan Program Mingguan), RPPH (Rencana Pelaksanaan Program Harian), lembar hasil penilaian penugasan, lembar observasi anak, dan lemhii obsErvasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan media manipulatif piring angka dapat meningkatkan kemampun anak dalam mengenal konsep bilangan khusunya dalm bidang perkembangan kogritif pada anak didik kelompok A TK Dharma Wnita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2Ol5D0l6. Pada siklus I prosesntase ketuntasan belajar mencapai 56,257q Siklus II mencapi 68,75Yo, siklus II mencapai 87,75%. Berdsarkan simpulan hasil penelitian ini dirckomedasikan : (l) bagi guru TK hendakriya menggunrikan media / alat baohan yang meharik &irr iinudali diingat, (2) Bagi orang tua hendaknya di rumah menyediakan fasilitas dan senantiasa membimbing mengarahkan dan mendampingi aktifitas belajar anah (3) Bagi lembaga untuk meningkatkan fasilitas pembelajar hendaknya menyediakan sarana dan prsarana yang memadai bagi anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI