Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Manipulatif Piring Angka Pada Anak Didik kelompok A Tk Dharma Wanita Jagul Desa Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri
Author (Penulis)
SRI SULASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0524
Abstract
ABSTRAK
Sri Sulasih : Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Manipulatif Piring Angka 1-10 Pada Anak Didik Kelompok A TK Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, Skripsi Pendidikan Guru Pendidian Anak Usia Dini, Fakultas eguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kediri 2016.
Kata Kunci : Kemampuan mengenal konsep bilangan, media manipulative piring angka
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan peseta didik, masih rendah sebagian besar siswa masih mengalami kesalahan dalam menyebutkan urutan bilangan, suasana kelas menjadi pasifdan membosankan. Hal ini disebabkan beberapa faktor dan untuk mengkaji serta memecahkan tersebut dapat dilakukan berdasarkan faktor-faktor. Karena itu untuk memecahkan masalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media manipulative piring angka 1-10 dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok A TK Dharma Wanita Jagul yang berjumlah 16 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tifa siklus, menggunakan instrument berupa RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan),RPPH (Rencana Pelaksanaan Program Harian), lembar hasil penilaian penugasan, lembar observasi anak, dan lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan media maipulatif piring angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan khususnya dalam bidang perkembangan kognitif anak pada anak didik kelompok A. TK Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten KediriTahub Ajaran 2015/2016. Pada suiklus I prosentase ketuntasan belajar mencapai 56,25%. Siklus II mencapai 68,75%, siklus III mencapai 87,75%.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomdasikan : (1) bagi guru TK hendaknya menggunaka media/alat bantuan yang menarik dan mudah diingat, (2) Bagi orang tua hendaknya di rumah menyediakan fasilitas dan senantiasa membimbing, mengarahkan dan mendapingi aktifitas belajar anak, (3) Bagi lembaga untuk meningkatkan fasilitas pembelajar hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi anak.