PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOLA BOWLING PADA ANAK KELOMPOK A1 TK DHARMA WANITA JAGUL KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016
Author (Penulis)
SRI HARNANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0523P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan fisik motorik kasar sangat penting untuk ditingkatkan secara maksimal, karena pada anak pra sekolah perkembangan berada di masa keemasan, dimana pada usia tersebut mempunyai potensi yang sangat besar maka sangat perlu dimaksimalkan perkembangannya.
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah adalah penerapan permainan bola bowling dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A 1 TK Dharma Wanita Jagul Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri yang berjumlah 20 anak. Penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus menggunakan instrumen RPPH, RPPM, Lembar Observasi Guru dan Anak, Lembaga Penilaian Kemampuan Fisik Motorik Kasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Siklus I dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 45%, pada Siklus II mencapai 60%, dan pada Siklus III mencapai 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan kegiatan permainan bola bowling dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Jagul Tahun Ajaran 2015/2016.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan, bagi guru TK hendaknya dalam pembelajaran mengunakan media/ alat yang menarik dan mudah dilakukan, bagi orang tua hendaknya di rumah menyediakan fasilitas dan senantiasa membimbing, mengarahkan, dan mendampingi aktivitas dengan baik, dan bagi lembaga hendaknya mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan prestasi hasil belajar anak.