MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM PLUS MIFTAHUL ULUM BENDOSARI KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BINTI FADILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0522P

Abstract

Abstrak Binti Fadilah: Mengembangkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Didik Kelompok B TK Islam Plus Miftahul Ulum Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan bercerita anak yang masih kurang mampu dalam kegiatan bercerita, sehingga hasil belajar anak didik juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah pembelajaran melalui media gambar seri dapat mengembangkan kemampuan bercerita pada anak didik?”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Islam Plus Miftahul Ulum Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan bercerita menggunakan gambar seri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) jumlah anak didik yang mencapai ketuntasan pada siklus I adalah 46,67%, (2) siklus II adalah 53,33%, (3) siklus III adalah 80%.(4) peningkatan kemampuan sebelum dan sesudah pembelajaran bercerita melalui gambar seri sebesar 40%. Dengan demikian penerapan media gambar seri dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B TK Islam Plus Mitahul Ulum Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri,sehingga hipotesis diterima. Kata kunci: kemampuan bercerita, gambar seri ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-03-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI