MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELOMPOK A RA DARUL HUDA KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SULISTYOWATI CHANIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0510P

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi hasil observasi awal yang dilakukan peneliti bahwa keterampilan berbicara pada anak kelompok A RA. Darul Huda Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri  masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berbicara ini disebabkan karena strategi , media dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik perhatian anak. Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah“Apakah pembelajaran melalui kegiatan bercerita menggunakan media gambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak-anak pada Kelompok A RA.Darul Huda PurwodadiKecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?” Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A RA. Darul Huda Kabupaten Kediri pada tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja.Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPPM, RPPH, Lembar observasi guru dan anak dan lembar penilaian kemampuan berbicara anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pada tindakan siklus I  prosentase ketuntasan belajar anak masih mencapai 50 %,  siklus II meningkat menjadi 79 %, dan pada  siklus III  ketuntasan belajar anak berkembang sangat baik menjadi 93%. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan kegiatan bercerita dengan media gambar seri  dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada kelompok A RA. Darul Huda Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Saran yang diberikan dalam penelitian ini bagi guru TK dalam mengembangkan kemampuan berbicara sebaiknya menggunakan kegiatan-kegiatan yang menarik misalnya media gambar seri dll. Bagi orang tua, sebaiknya menyediakan media-media pembelajaran dirumah. Bagi lembaga TK, sebaiknya menambah media-media pembelajaran yang menarik, agar dalam kegiatan pembelajaran anak merasa senang, dan kemampuan bahasa anak berkembang dengan baik seperti yang diharapkan.


Keyword

a

Reference

Abidah, Khusnul. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berbicara  Anak Dengan Media Gambar Seri di Kelompok A RA.Kusuma Mulia desa Krandang Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Kediri :  Universitas Nusantara PGRI Kediri

Aisyah, Siti, dkk.2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta : Universitas Terbuka

 

Arikunto, Suhasimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT.Bumi Aksara

 

Dhieni, Nurbiana, dkk.2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka

 

Direktorat Pembinaan TK dan SD. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa  di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas

 

Masitoh, dkk.2007.  Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka

 

Montolalu B.E.F.2008. Bermain dan Permainan Anak.Jakarta : Universitas Terbuka

 

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk.Jakarta : Universitas Terbuka

 

Pratiwi, Yuni, dkk.2008.Bahasa Indonesia.Jakarta : Universitas Terbuka.

Sari, Novita.2013. Meningkatakam Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Pada Kelompok A TK. PKK desa slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Kediri : Universitas Terbuka

 

Sadiman, Arif..2007. Media pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfatan.Jakarta:PT.Grafindo.
 

Sujiono, Bambang, dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka

 

Susilowati. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Kegiatan Bercakap-cakap Pada Kelompok B TK PKK Slumbung Kediri. Kediri : Universitas Terbuka.

 

TariganH.G. 2008.Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : PT. Angkasa

 

Wardhani IGAK, Kusuma Wihardit.2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Universitas Terbuka.

 

Zaman, Badru,dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka


PUBLISHED

2018-08-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI