Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi hasil observasi awal yang dilakukan peneliti bahwa keterampilan berbicara pada anak kelompok A RA. Darul Huda Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berbicara ini disebabkan karena strategi , media dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik perhatian anak. Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah“Apakah pembelajaran melalui kegiatan bercerita menggunakan media gambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak-anak pada Kelompok A RA.Darul Huda PurwodadiKecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?” Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A RA. Darul Huda Kabupaten Kediri pada tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja.Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPPM, RPPH, Lembar observasi guru dan anak dan lembar penilaian kemampuan berbicara anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pada tindakan siklus I prosentase ketuntasan belajar anak masih mencapai 50 %, siklus II meningkat menjadi 79 %, dan pada siklus III ketuntasan belajar anak berkembang sangat baik menjadi 93%. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan kegiatan bercerita dengan media gambar seri dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada kelompok A RA. Darul Huda Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Saran yang diberikan dalam penelitian ini bagi guru TK dalam mengembangkan kemampuan berbicara sebaiknya menggunakan kegiatan-kegiatan yang menarik misalnya media gambar seri dll. Bagi orang tua, sebaiknya menyediakan media-media pembelajaran dirumah. Bagi lembaga TK, sebaiknya menambah media-media pembelajaran yang menarik, agar dalam kegiatan pembelajaran anak merasa senang, dan kemampuan bahasa anak berkembang dengan baik seperti yang diharapkan.
Abidah, Khusnul. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Dengan Media Gambar Seri di Kelompok A RA.Kusuma Mulia desa Krandang Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri
Aisyah, Siti, dkk.2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta : Universitas Terbuka
Arikunto, Suhasimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT.Bumi Aksara
Dhieni, Nurbiana, dkk.2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka
Direktorat Pembinaan TK dan SD. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas
Masitoh, dkk.2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Montolalu B.E.F.2008. Bermain dan Permainan Anak.Jakarta : Universitas Terbuka
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk.Jakarta : Universitas Terbuka
Pratiwi, Yuni, dkk.2008.Bahasa Indonesia.Jakarta : Universitas Terbuka.
Sari, Novita.2013. Meningkatakam Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Pada Kelompok A TK. PKK desa slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Kediri : Universitas Terbuka
Sadiman, Arif..2007. Media pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfatan.Jakarta:PT.Grafindo.
Sujiono, Bambang, dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka
Susilowati. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Kegiatan Bercakap-cakap Pada Kelompok B TK PKK Slumbung Kediri. Kediri : Universitas Terbuka.
TariganH.G. 2008.Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : PT. Angkasa
Wardhani IGAK, Kusuma Wihardit.2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Universitas Terbuka.
Zaman, Badru,dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka