MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KUNJANG KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

YESSY KRESTYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0509P

Abstract

ABSTRAK YESSY KRESTYOWATI : Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-20 Menggunakan Permainan Monopoli Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kunjang Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016, Skripsi PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan berhitung di Taman Kanak-Kanak belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Rendahnya kemampuan berhitung anak dikarenakan hanya menggunakan media papan tulis dan LKA serta metode yang digunakan adalah ceramah sehingga anak bermain sendiri yang mengakibatkan anak tidak mengikuti pelajaran dengan baik. Permasalahan rumusan masalah pada penelitiaan ini adalah apakah penerapan permainan monopoli dapat meningkatkan kemempuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B Dharma Wanita Kunjang Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK Dharma Wanita Kunjang Kecamatan Ngancar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Lembar Kegiatan Siswa. Hasil pembahasan Menunjukkan pengaruh meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kunjang Kecamatan Ngancar tahun ajaran 2015-2016. Gambaran Selintas Setting Penelitian, Deskripsi Temuan Penelitian, Rencana Umum Pelaksanaan tindakan, Pelaksanaan Tindakan Pembelajaran Siklus I, Pelaksanaan Tindakan Pembelajaran Siklus II, Pelaksanaan Tindakan Pembelajaran Siklus III. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan untuk : 1) Untuk guru TK yaitu upaya pengembangan kemampuan berhitung 1-20, apa yang sudah peneliti lakukan bisa dijadikan pilihan tindakan, 2) Untuk Kepala Sekolah TK Dharma Wanita Kunjang yaitu dapat mendukung segala upaya guru yang menjadikan para anak diddik lebih cepat mengembangkan kemampuan berhitung 1-20 melalui permainan yang sudah peneliti lakukan, 3) Untuk Orang Tua yaitu memberi dukungan bagi anak agar dapat menerapkan semua didikan yang diberikan guru disekolah melalui permainan yang sudah peneliti lakukan. Kata kunci: Kemampuan berhitung 1-20, Permainan Monopo

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI