UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE BERVARIASI PADA KELOMPOK B1 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VII KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
DEWI NUR ROCHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0508P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap kegiatan pengenalan bentuk geometri pada anak usia dini yang masih kurang optimal. Anak masih banyak yang belum memahami bentuk-bentuk geometri ketika guru meminta untuk menyebutkannya. Metode yang dipakai oleh guru hanya metode ceramah ataupun mengerjakan majalah tanpa ada kegiatan lainnya yang menarik.
Permasalahan peneliti ini adalah Apakah dengan menggunakan permainan puzzle bervariasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri siswa kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal VII Pare?
Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul athfal VII Pare. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen Rencana pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), buku bantu penilaian, lembar observasi siswa dan lembar observasi Guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam permainan puzzle bervariasi untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak usia dini.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Dalam upaya meningkatkan metode mengajar, guru harus lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam memilih media pembelajaran. Sehingga pengajaran dapat lebih menarik bagi anak, tidak selalu monoton dan tercapainya target kurikulum yang sudah diprogramkan. Kreativitas guru sangat membantu dalam pembelajaran. Salah satunya melalui permainan puzzle bervariasi sehingga tujuan untuk meningkatkan pengenalan bentuk geometri dapat tercapai.