MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP WARNA MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA XII PELEM KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DAVID MAULIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0506

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep warna anak didik sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum dapat  sepenuhnya terwujud sesuai dengan yang diharapkan  pada aspek pengembangan kognitif. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah kegiatan meronce dapat meningkatkan  kemampuan  mengenal konsep warna pada anak kelompok B TK KUSUMA MULIA XII Pelem Kecamatan  Pare Kabupaten  Kediri?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B yang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 10 anak laki-laki dan  10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak. Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep warna. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan kegiatan meronce terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep warna pada anak didik. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada pra tindakan sebesar 10 %, lalu dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 60 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai  70 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 80 % yang dikategorikan baik melebihi kriteria yang ditetapkan sebesar 75 %


Keyword

a

Reference

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Achmad. 1996. Metodik Khusus Pengembangan Daya Pikir Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Achmad. 1997. Metodik Khusus Pengembangan Keterampilan  Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Ayuningsih. 2010. Psikologi Perkembangan Anak Dan Pola Pendidikan Sesuai Karakter Dan Kepribadian Anak. Yogyakarta: Pustaka Larasati.

Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Kamus  Lengkap Bahasa Indonesia Moderen. Surabaya: CV. Pustaka Agung Harapan.

Nugroho. 2008. Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Andi.

Prastihastari. 2012. Pengembangan Kognitif anak Usia Dini (Pengetahuan Dan Teknologi). Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Nusantara PGRI Kediri Panitia Sertifikasi Guru PSG): Rayon 143.

Pamadhi, dkk. 2016. Seni Keterampilan Anak. Banten: Universitas Terbuka.

Sujiono. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syamsudin. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers And Circle Times (BCCT) Atau  Pendekatan Sentra Dan Saat Lingkaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rachmawati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI