MENINGKATKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN BALOK UNIT PADA PAUD WACHID HASYIM KEBONDUREN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

WINARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0500p

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini sangat membutuhkan metode pembelajaran yang sesuai dengan usianya, yaitu belajar sambil bermain. Penelitian ini memiliki permasalahan rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri, dan metode pembelajaran yang kurang menarik, dan kurang menyenangkan bagi anak PAUD Wachid Hasyim Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri perlu adanya model pembelajaran yang diharapkan hasil belajar anak meningkat lebih baik. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantiataif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Aspek yang diteliti dalam setiap siklusnya adalah: (1) aktivitas dan partisipasi anak selama proses pembelajaran, (2) anak dapat menyebutkan bentuk-bentuk geometri, (3) anak dapat menelompokkan bentuk-bentuk geometri, (4) anak mampu bermain susun bangun balok dan mampu membuat pola. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi dan unjuk kerja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah PAUD Wachid Hasyim Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar sebanyak 23 anak, yang terdiri 10 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran bermain balok unit, kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri yang diperoleh dari hasil data nilai rata-rata pada pra tindakan 52%, siklus I sebanyak 57%, siklus II 65%, dan siklus III 87%. Maka, dari siklus I, siklus II dan siklus III dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri pada PAUD Wachid Hasyim Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, dengan menggunakan metode bermain balok unit. Dengan demikian secara empiris terbukti hipotesis yang menyatakan bahwa permainan balok unit dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri pada anak PAUD Wachid Hasyim Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI