MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA LAMPION HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK HIDAYATUTH THOLIBIN TERTEK KECAMATAN PARE TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

IRIN PRAMESTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0495

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan khususnya pada kelompok A yaitu kelompok usia 4-5 tahun mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada kemampuan mengenal hururf. Hal tersebut dikarenakan minimnya dukungan fasilitas, sarana, dan prasarana seperti ketersediaan alat peraga. Ini membuat anak merasa cepat bosan dan kurang berkembang dalam aspek kemampuan mengenal hurufnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan media lampion huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal hururf pada anak kelompok A TK Hidayatuth Tholibin Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017-2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Hidayatuth Tholibin Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah 23 anak terdiri dari 13 anak perempuan dan 10 anak laki-laki.  Tiga siklus. Masing-masing siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian unjuk kerja anak dan observasi guru dalam pembelajaran. Data yang dikumpulkan adalah kemampuan mengenal huruf anak dan data pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui media lampion huruf terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Hidayatuth Tholibin Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sampai siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 31%, siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 74%, dan siklus III sebesar 91%


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan teknik. Jakarta: rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta : Rineka Cipta.

Mueller, Stephanie. 2005. Panduan Belajar Membaca. Jakarta : Erlangga For Kids.

Sa’dun. 2009.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rineka Cipta.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI