MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL POSISI MELALUI PERMAINAN LOMPAT KANGURU PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BUTUH KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

WHENI SULISTIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0493P

Abstract

Abstrak WHENI SULISTIYANI: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Posisi Melalui Permainan Lompat Kanguru Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Butuh Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal posisi masih mengalami kesulitan. Adapun penyebab belum meningkatnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal posisi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Butuh adalah masih kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran, sehingga anak lebih cepat bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Akibatnya anak kurang berminat dan kurang termotivasi untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah permainan lompat kanguru dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal posisi pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Butuh Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah (1) Hasil kemampuan kognitif dalam mengenal posisi sebelum penerapan permainan lompat kanguru. (2) Hasil penerapan permainan lompat kanguru untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal posisi. (3) Hasil kemampuan kognitif anak dalam mengenal posisi setelah penerapan permainan lompat kanguru.(4) Mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal posisi pada anak sebelum dan sesudah penerapan permainan lompat kanguru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Butuh. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen penelitian berupa RPPM, RPPH, lembar observasi kegiatan anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan ditemukan bahwa bahwa penerapan permainan lompat kanguru dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal posisi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Butuh. (1)Ketuntasan pada pra tindakan 17,39%. (2) Ketuntasan pada siklus I sebesar 30,43%. (3) Ketuntasan pada siklus II sebesar 59,09%. (4) Ketuntasan pada siklus III sebesar 87,5%, sehingga hipotesis diterima. Kata kunci: kemampuan kognitif, mengenal posisi, permainan lompat kanguru

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI