MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELALUI PERMAINAN BOWLING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK SINAR PAGI WONOREJO KECAMATAN PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RATNA DEWI JAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0491

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi guru, bahwa kemampuan anak dalam berhitung 1-20 masih kurang. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan alat peraga berhitung sangat terbatas, motivasi anak untuk belajar berhitung belum maksimal, metode ceramah yang masih digunakan guru kurang menarik, anak kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan permainan bowling angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak didik kelompok B TK Sinar Pagi Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018?.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan menggunakan tiga siklus penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru.Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus diperoleh data nilai peningkatan kemampuan berhitung 1-20 dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 57%, pada siklus II mengalami peningkatan 74%, sedangkan pada siklus III sebesar 87% yang dinyatakan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan bowling angka dapat digunakan  untuk meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK Sinar Pagi Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Seefeldt, Carol, & Wasik, Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT Indeks.

Suyadi, & Ulfah, Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuwan. Jakarta: Erlangga.

Zulaikah. 2015. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok B TK Muslimat NU Punggursugih. Artikel Skripsi. UN Muhammadiyah Surakarta


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI