MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA NGANTRU KECAMATAN NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RADITYA PRAYULIHANY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0487

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru, bahwa kemampuan anak kelompok B TK Dharma Wanita Ngantru Kecamatan Ngantru kurang berkembangnya kemampuan anak dalam menyimak, karena selama ini kegiatan menyimak hanya dilakukan dengan guru membacakan cerita dan anak hanya menyimak saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak kelompok B TK Dharma Wanita Ngantru, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan menggunakan tiga siklus penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dalam membuat ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus diperoleh data nilai peningkatan kemampuan menyimak pada  pra tindakan ketuntasan belajar anak 20%, meningkat pada siklus I taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 47%, meningkat pada siklus II menjadi 73%, dan pada siklus III taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 94%. Kesimpulan hasil penelitian “Permainan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Ngantru, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2017/2018”


Keyword

a

Reference

Mueller, Stephanie. 2005. Panduan Belajar Membaca. Jakarta : Erlangga For Kids  

Mulyati. 2015. Rancang Bangun Anak Cerdas Istimewa. Bandung: Alfabeta

Sa’dun. 2009.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI