MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MENGGUNAKAN PERMAINAN STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA AL – JUNDI DESA BESOLE BESUKI TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
SULIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0483P
Abstract
Abstrak
Suliyah : Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Permainan Stick Angka Pada Anak Kelompok A TK ABA AL – JUNDI Besole. Skripsi PG PAUD FKIP UN PGRI Kediri 2016.
Pemahaman konsep bilangan berkembang seiring waktu dan kesempatan untuk mengulang kerja sekelompok benda dan membandingkan jumlahnya. Bilangan adalah suatu konsep matematika yang bersifat abstrak yang sangat penting untuk anak sebagai landasan dasar penguasaan konsep matematika di jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi bermain stick angka dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan 1 – 10 anak. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah anak berjumlah 13 anak di TK ABA AL – JUNDI Besole. Metode pengumpulan data melalui pemberian tugas dan unjuk kerja. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam satu pra siklus dan dua siklus perbaikan.
Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep bilangan 1 – 10 dari siklus I yang pada umumnya masih rendah, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman konsep biilangan 1 – 10. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan berhitung permulaan menggunakan permainan stick angka di TK ABA AL – JUNDI Besole, Besuki, Tulungagung.
Penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian adalah anak didik TK ABA AL – JUNDI Besole, Besuki, Tulungagung dengan jumlah anak didk 13 anak yang terdiri dari 8 anak laki – laki dan 5 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Februari sampai 01 Maret 2016, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan evaluasi. Hasil penelitian ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan menggunakan strategi bermain stick angka di TK ABA AL – JUNDI Besole, Besuki, Tulungagung bahwa hasil belajar anak mengalami peningkatan dari 60 % pada pra siklus, 75 % pada siklus II, dan 90 % pada siklus III.
Kata kunci : Konsep bilangan, permainan stick angka.