MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA AL - JUNDI BESOLE KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2017 - 2018


Author (Penulis)

CHOIRUL NIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0479

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada kelompok B yaitu kelompok usia 5 – 6 tahun mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada indikator kemampuan berbicara. Hal ini dikarenakan dalam berkomunikasi secara lisan atau berbicara pada anak usia dini seringkali mendapat hambatan. Bukan hanya karena minimnya kosa kata yang dimiliki, melainkan juga karena kurangnya keberanian anak dalam mengungkapkan perasaan atau pendapat, serta keberanian tanpil didepan umum atau orang lain juga masih rendah. Diharapkan dengan kegiatan bermain peran mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Rumusan masalah ini adalah apakah kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok B2 TK ABA Al-Jundi Desa Besole Kecamatan Besuki Kabuapten Tulungagung tahun 2017 – 2018? Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara, melaluia kegiatan bermain peran pada anak kelompok B2 di TK tersebut.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan ayng digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiridengan dibantu teman sejawat. Lokasi penelitian ini adalah di TK ABA Al-Jundi desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Subjek Penelitian ini adalah seluruh anak didik TK di kelompok B2. Metode Pengumpulan Data menggunakan metode observasi dan hasil unjuk kerja anak. Metode Analisis Data ini adalah meliputi persiapan, tabulasi dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahaw kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B2 TK ABA Al-Jundi desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung tahun 2017 – 2018. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan prosentase pada hasil penelitian mulai dari Pra-tindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.


Keyword

a

Reference

Dhieni, Nurbiana dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta:Universitas Terbuka.

Permendikbud No 137 tahun 2014. Standar PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suparti, Elis dkk. 2016. Modul Pembelajaran Taman Kanak-Kanak, Kelompok Kompetensi A,Bandung: PPPPTK dan PLB.

Susanto, Yo. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Bermain Pera Makro, tersedia:http://ejournal.unib.ac.id.download diunduh 13 April 2018

Gunarti, Windak dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar AUD.Jakarta : Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI