Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penilaian anak, bahwa kreativitas seni rupa anak kelompok A TK Creative Kiping Kecamatan Gondang masih kurang dengan tingkat ketuntasan sebesar 20%. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi dari guru serta kurang bervariasinya kegiatan dalam pembelajaran. Salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak adalah mewarnai, beragam media dan cara yang menyenangkan. Untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak yaitu melalui kegiatan magic painting, melalui kegiatan tersebut anak akan lebih tertarik dalam kegiatan melukis.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dan hasil karya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan ketuntasan belajar antara waktu sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan dengan norma 75%. Hasil analisis data menunjukkan setelah dilaksanakan tindakan siklus I ketuntasan mencapai 40%, siklus II mencapai 60% dan siklus III mencapai 80% yang sudah mampu melebihi kriteria ketuntasan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui kegiatan magic painting terbukti dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok A TK Creative Kiping Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.
Agape Barus, Robi. 2017. Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasan Mengenai Kreativitas Terlengkap(Online),tersedia:http://www.edukasinesia.com/2017/10/tiga-puluh-pengertian-kreativitas-menurut-para-ahli-beserta-penjelasannya-terlengkap.html?m=., diunduh 8 April 2018
Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Baswedan, Anies. 2015. Substansi, Tinjauan, dan Implementasi Kurikulum 2013 PAUD. Makalah disajikan dalam seminar Nasional, HIMPAUDI, Malang, 14 Maret.
Bobo, Id. 2017. Perbedaan Krayon dan Oil Pastel (Online), tersedia:http://bobo.grid.id/Info-Bobo/Serba-Serbi/Perbedaan-Krayon-Dan-Oil-Pastel., diunduh 2 April 2018
Wijaya & Dwitagama D. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta
Nuraini, Yuliani.S. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Pamadhi, H & Sukardi, E. 2012. Seni Ketrampilan Anak. Tangerang: Universitas Terbuka
Pekerti, Widia, dkk. 2015. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka