MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI KARTU HURUF KELOMPOK B DI TK KUSUMA MULIA XI TERTEK PARE


Author (Penulis)

SAIDAH CHAMNAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0473P

Abstract

Abstrak SAIDAH CHAMNAH: Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Media Bermain Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Mulia XI Tertek, Skripsi , Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. 2016. Permasalahan peneliti ini adalah Apakah penerapan bermain kartu huruf bergambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B TK Kusuma Mulia XI Tertek Pare? Apakah melalui kegiatan bermain kartu huruf bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak di taman kanak-kanak ? Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan pra sekolah artinya TK tidak mengemban tanggung jawab utama dalam mengajarkan ketrampilan membaca. Dengan metode permainan kartu huruf diharapkan permainan ini menyenangkan dan merangsang kreativitas dan minat anak dalam membaca. Dari kesimpulan hasil penelitian ini adalah Media kartu huruf dapat digunakan untuk memberikan berbagai cara penugasan pada anak, diantaranya penugasan secara individu dan penugasan secara kelompok. Semua dilakukan dengan cara permainan yang menyenangkan. Media kartu huruf dapat digunakan untuk berbagai jenis kegiatan dengan permainan dan perlombaan. Media kartu huruf dapat digunakan untuk mengetahui metode yang tepat yang dapat digunakan untuk pembelajaran membaca. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Dalam upaya meningkatkan metode mengajar, guru harus lebih kreatif dalam membuat alat peraga. Sehingga pengajaran dapat lebih menarik bagi anak, tidak selalu monoton dan tercapainya target kurikulum yang sudah diprogramkan. Kreativitas guru sangat membantu dalam pembelajaran. Pemanfaatan barang-barang bekas harus dilakukan oleh guru. Selain murah dan mudah didapat, juga bisa menambah perbendaharaan alat peraga di sekolah, dan dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Bentuk, bahan dan model media kartu huruf sebaiknya dikembangkan sendiri oleh guru sesuai dengan keadaan atau kondisi sekolah maupun lingkungan sekolah. Pembuatan, pengembangan dan pengkajian-pengkajian alat peraga membaca akan sangat baik jika dilakukan bersama-sama oleh semua guru. Kata kunci: Mengenal huruf, Media kartu huruf

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI