MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR HASIL KARYA ANAK PADA ANAK KELOMPOK B1 TK A'ISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VII PARE KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
ANI NURFADHILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0471P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara anak didik yang masih rendah. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya anak yang belum dapat sepenuhnya menyampaikan apa yang ada didalam hatinya dan kemampuan berbicara anak belum sesuai dengan yang diharapkan pada aspek bahasa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar hasil karya anak pada anak kelompok B TK ABA VII Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak didik, terdiri dari dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar obseravasi anak dan lembar hasil penelitian kemampuan anak.
Hasil penelitian menyatakan bahwa gambar hasil karya anak dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada anak kelompok B TK ABA VII Gedangsewu kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun 2015/2016. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 6,7%, siklus II mencapai 46,7% dan siklus III mencapai 80%.
Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kemampuan berbicara anak melalui media gambar hasil karya anak pada anak kelompok B TK ABA VII Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Kemampuan berbicara, gambar hasil karya anak