MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK DENGAN BAHAN ALAM \"BERANI\'\' PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUNG VI KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

VIVI OKTAVIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0469

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum mampu mengembangkan kemampuan motorik halus dengan baik karena kurangnya  kegiatan yang melakukan gerakan kedua tangannya untuk mengerjakan tugas memegang benda dengan satu tangan, menggunting, memotong bentuk sederhana, melipat sederhana, meremas, mencetak, dan menempel.  Alternatif pemecahan pada permasalahan di atas adalah dengan cara menerapkan kegiatan melalui teknik mozaik dengan bahan alam “Berani” (beras Warna-Warni). Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitinya adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Kepung VI Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Peneliti ini terdiri dari tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik penilaiannya menggunakan lembar observasi dan penialaian hasil karya anak.

Kesimpulan hasil peneliti ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 65% dari 20 anak yang hadir belum memenuhi kriteria ketuntasan. Pada siklus II hasil yang didapat meningkat menjadi 75%, sedangkan siklus III, persentasenya meningkat 20% dari siklus sebelumnya menjadi 95% anak telah memenuhi ketuntasan. Berdasarkan hasil peneliti dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kegiatan melalui teknik mozaik dengan bahan alaam “Berani” (Beras Warna-Warni) dapat meningkatka kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepung VI Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Ofset.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid I. (Alih bahasa: Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih) Jakarta: Erlangga.

Musthofa, Y.  (2007).  EQ Pengertian Anak Usia Dini dalam pendidikan islam. Yogyakarta: Sketsa

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreatifitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas

Sujiono, Yuliani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Rini dkk. 2006. Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI