MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A RAUDATUL ATHFAL WALISONGO BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ARISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0467P

Abstract

ABSTRAK ARISNAWATI. Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Bermain Kartu Kata Bergambar pada Anak Didik Kelom¬pok A Raudatul Athfal Walisongo Besuki Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : kemampuan membaca, kartu kata bergambar Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran kemampuan membaca, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak kurang lancar dalam membaca, sering salah dalam membaca, dan lain-lain, sehingga kemampuan membaca anak didik menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah bermain kartu kata bergambar dapat mening¬katkan kemampuan membaca anak didik kelompok A Raudatul Athfal Walisongo Besuki Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan: (1) untuk memperoleh data kemampuan membaca anak didik sebe¬lum dilaksana¬kan tinda¬kan penelitian, (2) melakukan tindakan penelitian bermain kartu kata bergambar pada pembe¬la¬jaran membaca pada anak didik kelompok A Raudatul Athfal, (3) mengumpulkan data atau nilai setelah dilaksanakan tindakan penelitian, dan (4) membandingkan hasil penelitian antara sebelum dan sesudah mengguna¬kan kartu kata bergambar pada pembelajaran membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok A Raudatul Athfal Walisongo Besuki Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan, menggunakan Rencana Pembelajaran Mingguan (RPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), dan lembar observasi aktivitas anak didik dan guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik kelompok A Raudatul Athfal Walisongo Besuki Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk guru Taman Kanak-Kanak selalu berusaha untuk mengembangkan kreativitasnya dalam membuat alat peraga atau alat permainan yang dapat menarik perhatian anak atau mengembangkan teknik pembelajaran untuk meningkatkan proses dan hasil belajar anak didik di Taman Kanak-Kanak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI