MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MEMANCING PADA ANAK KELOMPOK A TK PERMATA PELANGI KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WULAN DIAN MURWANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0464

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru, bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok A TK Permata Pelangi masih rendah. Hal ini dilihat dari data 16 anak hanya 18,75% yang mampu mencapai nilai ketuntasan belajar. Masalah ini dapat dipecahkan melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan permainan memancing huruf.  Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan menggunakan instrumen penelitian  teknik berupa RPPM, RPPH, lembar observasi gurukemampuan mengenal huruf pada melalui kegiatan memancing dari Siklus I, siklus II, siklus III dapat dilihat bahwa hasil observasi pada siklus I mencapai 31,25%, siklus II mencapai 68,75%, dan siklus III mencapai 87,5%. (3) Peningkatan persentase ketuntasan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf dari pratindakan sampai dengan siklus III terjadi kenaikan 68,75% Melebihi kriteria ketuntasan belajar sebesar 75 %. Sehingga dapat dinyatakan bahwa melalui permainan memancing dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Permata Pelangi Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian hipotesis diterima


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Musthofa. 2008. EQ Untuk Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. Jakarta : Sketsa.

Sujiono, dkk. 2008. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembanagan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana

Suyadi. 2013. Psikologi Belajar PAUD. Sleman Yogyakarta : PT. Pustaka Intan Madani

Suyanto. 2005. Pengertian Anak Usia Dini (Online), tersedia http://www.google.co.id/search? kajian

Trisniwati. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI