Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru, bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok A TK Permata Pelangi masih rendah. Hal ini dilihat dari data 16 anak hanya 18,75% yang mampu mencapai nilai ketuntasan belajar. Masalah ini dapat dipecahkan melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan permainan memancing huruf. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan menggunakan instrumen penelitian teknik berupa RPPM, RPPH, lembar observasi gurukemampuan mengenal huruf pada melalui kegiatan memancing dari Siklus I, siklus II, siklus III dapat dilihat bahwa hasil observasi pada siklus I mencapai 31,25%, siklus II mencapai 68,75%, dan siklus III mencapai 87,5%. (3) Peningkatan persentase ketuntasan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf dari pratindakan sampai dengan siklus III terjadi kenaikan 68,75% Melebihi kriteria ketuntasan belajar sebesar 75 %. Sehingga dapat dinyatakan bahwa melalui permainan memancing dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Permata Pelangi Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian hipotesis diterima
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.
Musthofa. 2008. EQ Untuk Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. Jakarta : Sketsa.
Sujiono, dkk. 2008. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembanagan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana
Suyadi. 2013. Psikologi Belajar PAUD. Sleman Yogyakarta : PT. Pustaka Intan Madani
Suyanto. 2005. Pengertian Anak Usia Dini (Online), tersedia http://www.google.co.id/search? kajian
Trisniwati. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode