Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian perkembangan anak, bahwa kemampuan berbicara anak PAUD AL-IKHLAS Desa Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kab. Kediri pada kelompok A masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari ketuntasan belajar anak hanya mencapai angka 45%. Penggunaan media yang kurang menarik merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan berbicara pada anak. Menggunakan cerita gambar seri lebih menarik perhatian anak dan lebih menyenangkan saat pembelajaran. Berdasarkan latarbelakang tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD AL-IKHLAS Ds. Pandantoyo Kec. Ngancar Kab. Kediri.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Targart yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dan instrument penilaian unjuk kerja.Hasil yang didapatkan dari tindakan pembelajaran melalui kegiatan cerita gambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dari kenaikan persentase ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai 50%, siklus II mencapai 67%, siklus III mencapai 83%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan cerita gambar seri mampu meningkatkan minat dan motivasi anak. (2) Melalui siklus pembelajaran cerita gambar seri terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Arikunto,Suharsimi,dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas: Yogyakarta. Aditya Media
Arsyad.A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa (Cet.3; Ed 1). Jakarta: Universitas Terbuka
Haryadi dan Zamzani, 1999/2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Departemen Pendidikan daan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Pandeirot, D. O dan Srna, N. I. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
Sadiman,A.S. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers
Susilana.R. 2007. Media Pembelajaran. Bandung. PT Wacana Prima
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Usia Aal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media
Wardhani dan Wihardit,dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas.(Cet. 21; Ed 1).Jakarta: Universitas Terbuka
Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga