MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN CERITA GAMBAR SERI DI PAUD AL-IKHLAS DESA PANDANTOYO KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

PRADITA KUSUMA NING TYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0463

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian perkembangan anak, bahwa kemampuan berbicara anak PAUD AL-IKHLAS Desa  Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kab. Kediri pada kelompok A masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari ketuntasan belajar anak hanya mencapai angka 45%. Penggunaan media yang kurang menarik merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan berbicara pada anak. Menggunakan cerita gambar seri lebih menarik perhatian anak dan lebih menyenangkan saat pembelajaran. Berdasarkan latarbelakang tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD AL-IKHLAS Ds. Pandantoyo Kec. Ngancar Kab. Kediri.Rancangan  penelitian yang digunakan adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Targart yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dan instrument penilaian unjuk kerja.Hasil yang didapatkan dari tindakan pembelajaran melalui kegiatan cerita gambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dari kenaikan persentase ketuntasan belajar anak  pada siklus I mencapai 50%, siklus II mencapai 67%, siklus III mencapai 83%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan cerita gambar seri mampu meningkatkan minat dan motivasi anak. (2) Melalui siklus pembelajaran cerita gambar seri terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.


Keyword

a

Reference

Arikunto,Suharsimi,dkk.  2010. Penelitian Tindakan Kelas: Yogyakarta. Aditya Media

Arsyad.A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa (Cet.3; Ed 1). Jakarta: Universitas Terbuka

Haryadi dan Zamzani, 1999/2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Departemen Pendidikan daan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Pandeirot, D. O dan Srna, N. I. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Sadiman,A.S. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers

Susilana.R. 2007. Media Pembelajaran. Bandung. PT Wacana Prima

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Usia Aal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media

Wardhani dan Wihardit,dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas.(Cet. 21; Ed 1).Jakarta: Universitas Terbuka

Yusuf,  Syamsu. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI