Penelitian ini dilatar belakangi hasil penilaian perkembangan anak kelompok B TK Kusuma Mulia Sidomulyo II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, yang menunjukkan bahwa anak belum mampu mengembangkan kreativitas seni dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari 20 anak, 2 anak yang mendapat nilai kategori BSB (berkembang sangat baik), 3 anak mendapatkan nilai kategori BSH (bekembang sesuai harapan), 6 anak mendapat nilai MB (mulai berkembang), sedangkan 9 anak mendapat nilai dengan kategori BB (belum berkembang). Alternatif pemecahan permasalahan di atas yaitu dengan menerapkan kegiatan membentuk geometri menggunakan bahan Tematik. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan model dari Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari tiga siklus. Adapun tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan penilaian hasil karya anak. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang sangat baik dengan nilai ketuntasan belajar pada siklus I: 47,37%, siklus II: 60%, dan 80% pada siklus III. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimun yang ditetapkan yaitu 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan membentuk geometri menggunakan bahan Tematik dapat meningkatkan kreativitas seni pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia Sidomulyo II Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018.
Aisyah. 20014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Iswantiningtyas, Veny. 2017. Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. (Online) Tersedia: http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk diunduh pada 20 Juni 2018
Mayesky. M. 2005.Creative Art & Activities Fun With Art!. State: Thomson Delmar Learning
Pamadhi. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Rachmawati dan Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas