MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL URUTAN ANGKA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DUKUH KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AMIK SUYATMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0448P
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran kemampuan mengenal urutan angka, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik sering kali salah dalam menyebut angka, tidak urut, tidak lancar, sering terbolak balik, sehingga kemampuan mengenal urutan angka anak didik menjadi rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan ular tangga dapat mening¬katkan kemampuan kognitif dalam mengenal urutan angka pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk memperoleh data kemampuan kognitif dalam mengenal urutan angka pada anak didik sebe¬lum dilaksanakan tindakan penelitian, (2) melakukan tindakan penelitian berupa penggunaan permainan ular tangga pada pembelajaran mengenal urutan angka pada anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak, (3) mengumpulkan data perkembangan anak setelah dilaksanakan tindakan penelitian, dan (4) membandingkan hasil penelitian antara sebelum dan sesudah mengguna¬kan permainan ular tangga pada pembelajaran mengenal urutan angka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan, menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), dan lembar observasi aktivitas anak didik dan guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal urutan angka pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Bagi guru Taman Kanak-Kanak selalu berusaha untuk mengembangkan kreativitasnya dalam membuat alat peraga atau alat permainan yang dapat menarik perhatian anak atau mengembangkan teknik pembelajaran untuk meningkatkan proses dan hasil belajar anak didik di Taman Kanak-kanak sesuai dengan tahap perkembangan-nya.