MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B RA AL HUDA REJOMULYO KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MARATUS KIBTIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0443P
Abstract
Abstrak
MaratusKibtiyah:MeningkatkanKemampuanSosialEmosionalMelaluiBerceritaMenggunakanBonekaTanganPadaAnakKelompok B Ra Al Huda RejomulyoKecamatanKrasKabupaten Kediri TahunPelajaran 2015/2016, Skripsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitianinidilatarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpenelitibahwaanakkelompok B di RA Al Huda RejomulyoKecamatanKrasKabupaten Kediri tahunpelajaran 2015/2016 dalamkemampuansosialemosionalsangatkurang. Hal initerlihatdaritelahditemukannya permasalahan lemahnya kemampuan sosial emosional anak.
Rumusanmasalahpenelitianiniadalahapakahmelaluiberceritameggunakanbonekatangandapatmeningkatkankemampuan social emosionalpadaanakkelompok B di RA AL Huda RejomulyoKecamatanKrasKabupaten Kediri?
Rancagan yang di pakaidalampenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdalambentuksiklus.Disetiapsiklusterdiridari 4 tahapyaitu :perencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi. SubjekpenelitianadalahanakkelompokB di RA Al Huda RejomulyoKecamatanKrasKabupaten Kediri tahunpelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 anak. Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, sedangkananalisisdatanyamenggunakandeskriptifkuantitatif.
Dari analisis data menunjukkanpeningkatankemampuan social emosionalanakkelompokB di RA Al Huda RejomulyoKecamatanKrasKabupaten Kediri tahunpelajaran 2015/2016 melaluimetodeberceritamenggunakanbonekatanggan.
Kata kunci :sosialemosional, bercerita,bonekatangan,