Permasalahan dalam penelitian ini adalah yang pertama yaitu anak belum mampu mengembangkan gerak lokomotor dengan baik karena kegiatan pengembangan yang kurang bervariasi sehingga belum mampu menarik perhatian/minat anak. Yang kedua, anak tidak tertarik pada media kegiatan yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Yang ketiga, bahwa bermain permainan tradisional untuk kegiatan mengembangkan kemampuan gerak lokomotor, jarang dilakukan disekolah. Alternatif pemecahan pada permasalahan diatas adalah dengan cara menerapkan kegiatan bermain permainan tradisional gobak sodor. Metode yang digunakan yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain dari Kemmis dan MC Taggart. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok B Tk Islam Terpadu Empat Mei Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari terdiri dari tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun tehnik penilaiannya menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan penilaian kemampuan gerak lokomotor anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mulai dari tindakan siklus I, siklus II dan siklus III, mengalami peningkatan yang sangat baik dengan nilai ketuntasan belajar pada siklus I: 45%, siklus II: 60% dan 80% pada siklus III. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimum yang ditetapkan yaitu 75%. Sehingga tidak perlu dilakukan tindakan siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kegiatan bermain permainan tradisional gobak sodor dapat meningkatkan kemampuan gerak lokomotor pada anak kelompok B TK Islam Terpadu Empat Mei Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Ditaman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Hartati, Sofia. 2007. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Masitoh. 2012. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Montolalu. 2005. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen DIKTI