MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM TERPADU EMPAT MEI DESA TULUNGREJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

ULIL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0439

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah yang pertama yaitu anak belum mampu mengembangkan gerak lokomotor dengan baik karena kegiatan pengembangan yang kurang bervariasi sehingga belum mampu menarik perhatian/minat anak. Yang kedua, anak tidak tertarik pada media kegiatan yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Yang ketiga, bahwa bermain permainan tradisional untuk kegiatan mengembangkan kemampuan gerak lokomotor, jarang dilakukan disekolah. Alternatif pemecahan pada permasalahan diatas adalah dengan cara menerapkan kegiatan bermain permainan tradisional gobak sodor. Metode yang digunakan yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain dari Kemmis dan MC Taggart. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok B Tk Islam Terpadu Empat Mei Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari terdiri dari tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun tehnik penilaiannya menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan penilaian kemampuan gerak lokomotor anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mulai dari tindakan siklus I, siklus II dan siklus III, mengalami peningkatan yang sangat baik dengan nilai ketuntasan belajar pada siklus I: 45%, siklus II: 60% dan 80% pada siklus III. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimum yang ditetapkan yaitu 75%. Sehingga tidak perlu dilakukan tindakan siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kegiatan bermain permainan tradisional gobak sodor dapat meningkatkan kemampuan gerak lokomotor pada anak kelompok B TK Islam Terpadu Empat Mei Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Ditaman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Hartati, Sofia. 2007. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Masitoh. 2012. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Montolalu. 2005. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen DIKTI


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI