MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GEJLIK PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN PAUD MIFTAHUL ULUM BENDOSARI KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
PURWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0432P
Abstract
Lemahnya kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 3-4 tahun, kurang menarik dan terbatasnya media yang digunakan, dan permainan gejlik dapat membangkitkan minat anak untuk mengenal bentuk- bentuk geometri denagn tuntas dan permainan ini merupakan permainan yang menyenangkan jika dikemas dalam suasana tertentu, mendorong dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini. Mengembangkan kemampuan kognitif sangat diperlukan anak, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pada pembelajaran kognitif terdapat materi tentang pengenalan bentuk-bentuk geometri, yang merupakan salah satu standarisasi pembelajaran matematika yang direkomendasikan oleh National Council Of The Teacher Of Matematics(NTMC). Pembelajaran geometri merupakan hal yang penting bagi anak karena anak dapat menganalisa karakteristik dan sifat-sifat bentuk geometri dua atau tiga dimensi dalam mengembangkan argumentasi mateamtika mengenal hubungan- hubungan geometri. Pada PAUD Miftahul Ulum Desa Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten kediri dalam pembelajaran mengenal bentuk Geometri mengalami kesulitan pada tingkat pencapaian perkembangan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini Adalah “ Apakah Melalui Metode Permainan gejlik dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Kelompok Bermain PAUD Miftahul Ulum Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan 3 Siklus dan menggunakan instrumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Media berupa lapangan Gejlik, instrumen observasi anak dan guru serta tabel penilaian. Dari 3 siklus penelitian 18 (atau sama dengan 90%) dari 20 anakusia 3-4 tahun di PAUD tersebut telah tuntas dalam menyebutkan bentuk geometri.
Berdasarkan data dan hasil penelitian serta pembahasannya dapat ditarik kesimpulan bahwa tindakan pembelajaran dengan permainan tradisional gejlik dapat di buktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak didik Kelompok Bermain Miftahul Ulum Desa Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.