MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA JATISARI KRENCENG KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SHOFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0410P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan motorik halus anak didik yang sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum dapat sepenuhnya terwujud sesuai dengan yang diharapkan pada aspek pengembangan motorik halus.
Permasalahan penelitian ini adalah : “Apakah melalui kegiatan kolase dengan media biji-bijian dapat meningkatkan motorik halus pada kelompok B TK Kusuma Mulia Jatisari Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?”. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan atau mencari perbedaan kemampuan motorik halus sebelum dan sesudah dilakukan penerapan kegiatan kolase dengan media biji-bijian pada kelompok B TK Kusuma Mulia Jatisari Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 15 anak didik, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak.
Kesimpulan penelitian ini adalah: “Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan kegiatan kolase dengan media biji-bijian dapat meningkatkan motorik halus anak didik”. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 40 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai 73,33 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 80 % yang dikategorikan baik. Kegiatan kolase dengan media biji-bijian dapat meningkatkan motorik halus pada kelompok B TK Kusuma Mulia Jatisari Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.