MENINGKATKAN KREATIVITAS MENYIMAK BAHASA INDONESIA DENGAN METODE TANYA JAWAB PADA RA AL ISHLAHIYAH BOBOSAN DESA KEMIRI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
NINIK TRI ASTITIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0404P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa peningkatan kreativitas bahasa anak di kelompok B RA Al Ishlahiyah Bobosan masih sangat rendah, hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan keinginan dan karakteristik anak, anak kurang tertarik dengan model pembelajaran yang diterapkan, sehingga hasil kegiatan anak tidak seperti yang diharapkan.
Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak RA Al Ishlahiyah Bobosan?.
Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B RA Al Ishlahiyah Bobosan Desa Kemiri dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH dan alat penilaian, lembar observasi aktifitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam pengembangan kemampuan bahasa anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran melalui metode tanya jawab dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomondasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran adalah untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya perkembangan bahasa Indonesia yang baik. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran melalui metode Tanya jawab dapat menggembangkan kemampuan berbahasa anak sesuai dengan karakteristik anak.