MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANNEL DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BERINGIN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

WIWIN HARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0403P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamata dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan kognitif di kelompok B TK Dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri masih didominasi aktivitas klasikal dengan didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal ini nampak dari motivasi yang rendah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan anak pada kelompok B TK dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2016-2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar Observasi Aktivitas Anak, Lembar Kegiatan Anak, Alat Penilaian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan anak kelompok B TK Dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Hasil dari Tindakan Siklus I Persentase ketuntasan belajar sebesar 40%, siklus II sebesar 73,3% dan siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan peneliti dapat dikemukakan saran yang bermanfaat bagi lembaga, bagi orang tua bagi pendidik,atau guru dan bagi peneliti selanjutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI