MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANNEL DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BERINGIN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
WIWIN HARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0403P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamata dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan kognitif di kelompok B TK Dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri masih didominasi aktivitas klasikal dengan didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal ini nampak dari motivasi yang rendah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan anak pada kelompok B TK dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2016-2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar Observasi Aktivitas Anak, Lembar Kegiatan Anak, Alat Penilaian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan anak kelompok B TK Dharma Wanita Bringin Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Hasil dari Tindakan Siklus I Persentase ketuntasan belajar sebesar 40%, siklus II sebesar 73,3% dan siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan peneliti dapat dikemukakan saran yang bermanfaat bagi lembaga, bagi orang tua bagi pendidik,atau guru dan bagi peneliti selanjutnya.