MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A-2 RA KM MIFTAHUL HUDA PULOSARI KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

KHOIRUN NIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0401P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A RA KM MIFTAHUL HUDA PULOSARI KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI KHOIRUN NIKMAH 14.1.01.11.0401P FKIP - PGPAUD Animaedy@yahoo.com Hanggara Budi Utomo, M.Pd., M.Psi dan Epritha Kurniawati, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA KM Miftahul Huda Pulosari Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 masih rendah, hal ini disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan media gambar pada anak kelompok A RA KM Miftahul Huda Pulosari Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, Penilaian Perkembangan Anak, Lembar Observasi Guru dan Anak, dan Lembar Unjuk Kerja. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA KM Miftahul Huda Pulosari Kecamatan Papar Kabupaten Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Data yang diperoleh berupa kemampuan mengenal huruf anak dengan media gambar dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak dengan media gambar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Prosentase ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus sebesar 39% menjadi 55% pada siklus I, pada siklus II prosentase ketuntasan belajar meningkat sebesar 65% dan pada siklus III meningkat menjadi 85%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa tindakan pembelajaran dengan media gambar dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA KM Miftahul Huda Pulosari Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, media gambar, anak kelompok A

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-09-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI