MENINGKATKAN KEMAPUNAN MENGENAL SIMBOL ANGKA 1-15 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON HITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA IX PAREREJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

HUDAYA SALAMATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0397

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuanmengenal simbol angka 1-15 anak didik sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belumdapatsepenuhnyaterwujudsesuaidengan yang diharapkanpadaaspekpengembangankognitif. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah dengan menggunakan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan mengenal simbol angka 1-15pada anak kelompok BTK ABA IX ParerejoKecamatan Pare Kabupaten KediriTahunPelajaran 2016-2017?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B yang berjumlah 17 anak didik, terdiri dari 8anak laki-laki dan 9anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak. Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah- langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan media pohon hitungdapat meningkatkan kemampuan mengenal simbol angka 1-15. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan media pohon hitungterbuktidapat meningkatkan kemampuan mengenal simbol angka 1-15 pada anakdidik. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada pra tindakan sebesar 24 %, lalu dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 65% dikategorikan kurang, siklus II mencapai 71% dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 88 % yang dikategorikan baik melebihi kriteria yang ditetapkan sebesar 75 %. Sebagai saran dari penelitian ini adalah: 1) Bagi anak didik dapat membantu anak didik dalam mengatasi kesulitan mengenal simbol angka; 2) Bagi orang tua yang memiliki putra atau putri yang mengalami kesulitan dalam mengenal simbol angka dapat menggunakan media pohon hitung untuk meningkatkan kemampuan mengenal simbol angka pada anak; 3) Bagi Peneliti selanjutnya hasil peneliti ini dapat digunakan untuk menambah dan memperluas wawasan dalam menghadapi masalah- masalah dilapangan terutama masalah pengenalan simbol angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI