MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CELEMEK BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK TAULADAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

ENDANG PURWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0396P

Abstract

ABSTRAK Endang Purwati: Meningkatkan Kemampuan Membilang dengan Menggunakan Media Celemek Bercerita pada Anak Kelompok A TK Tauladan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membilang anak sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum dapat sepenuhnya terwujud sesuai dengan yang diharapkan pada kemampuan membilang. Permasalahan penelitian ini adalah : “Apakah dengan menggunakan media celemek bercerita dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak Kelompok A TK Tauladan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 18 anak didik, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak. Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan celemek bercerita dapat meningkatkan kemampuan membilang anak didik. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan celemek bercerita terbukti dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak didik. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 39 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai 61 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 94 % yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan celemek bercerita dapat meningkatkan kemampuan membilang anak kelompok A TK Tauladan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016 sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima. Kata kunci: membilang, celemek bercerita.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI