PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL ANGKA 1-10 MELALUI PENGGUNAKAN MEDIA POHON HITUNG PADA KELOMPOK A TK TAULADAN YAYASAN PENDIDIKAN DHARMA WANITA KABUPATEN KEDIRI DI PARE TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

RUBIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0395P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yaitu pada kelompok A TK Tauladan Pare,bahwa kemampuan anak/siswa dalam mengenal simbol angka 1-10 sangat rendah hal ini di tunjukkan dengan keadaan anak-anak hanya lancar membilang angka 1-10 secara berurutan , tetapi sangat kesulitan bila harus menunjuk simnol angkanya.Dari ke 15 anak kelompok A TK Tauladan Pare ini hanya tiga anak saja yang masuk kategori baik- Hal tersebutyang menjadi acuan bagi peneliti untuk mencoba peningkatan kemampuan mengenal simbol angka melalui penggunaan media pohon hitung,dengan harapan anak-anak lebih tertarik dalam pembelajaran angka, pembelajaran juga di laksanakan dalam bentuk permainan. Tujuan penelitian ini adalah membantu anak dalam belajar mengenal belajar simbol angka , karena pemahaman tentang angka sangat berguna bagi perkembangan anak selanjutnya. Permasalahan penelitihan ini adalah,”Apakah penggunaan media pohon hitung dapat peningkatan kemampuan mengenal simbol angka 1-10 pada anak kelompok A Tk Tauladan Pare ? Peneliti ini menggunakan pendekatan Penilian Tindakan Kelas (PTK),dengan subyek penelitihan siswa kelompok A TK Tauladan Pare.Peneliti ini di laksanakan dalam tiga siklus satu hasil kurang memuaskan .Diadakan perbaikan pada siklus dua ,model pembelajaran dig anti dengan model bermain lomba, Penggunaan instumen berupa RPPM,RPPH, lembar hasil kemampuan anak ,lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas anak. Kesimpulan hasil penelitihan ini adalah ,bahwa penggunaan media pohon hitung dalam penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan kemampuan mengenal simbul angka 1-10 pada kelompok A TK Tauladan Pare. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata prosentase hasil kemampuan anak, yaitu pada siklus satu kemampuan anak 50% masuk katagori perlu bantuan , meningkat pada siklus dua menjadi 70% walupun masuk katagori baik tetapi belum memenuhi target baik yang di tentukan yaitu 75%..Baru pada siklus tiga meningkat menjadi 88%. Pada siklus tiga ini sudah melebihi target yang di tentukan Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan simbol angka 1-10, pohon hitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI