MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA STIK HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK TAULADAN KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RAHMA YULI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0389P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum dapat sepenuhnya terwujud sesuai dengan yang diharapkan pada aspek pengembangan bahasa. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah melalui media stik huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian pada anak kelompok B yang berjumlah 17 anak didik, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak. Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan kegiatan media stik huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan kegiatan media stik huruf terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 32,29 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai 70,5 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 88,3 % yang dikategorikan baik. Kata Kunci: membaca, stik huruf, anak kelompok B.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI