MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B TK TUNAS MULIA SEKOTO KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MUSIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0387P
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak TK Tunas Mulia Sekoto Kecamatan Badas Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 20 anak dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian lembar observasi dan pedoman wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah menggunakan media boneka jari menunjukkan adanya peningkatan dalam kegiatan membaca anak TK Tunas Mulia Sekoto Kecamatan Badas Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016.
Diperoleh data kriteria baik pra siklus sebesar 45 % kemudian meningkat menjadi 60 % pada siklus I Kemudian meningkat menjadi 70 % pada siklus II, dan akhirnya meningkat menjadi 85 % pada siklus III
Kata Kunci : Kemampuan membaca, Media Boneka Jari