MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B TK TUNAS MULIA SEKOTO KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUSIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0387P

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak TK Tunas Mulia Sekoto Kecamatan Badas Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 20 anak dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah menggunakan media boneka jari menunjukkan adanya peningkatan dalam kegiatan membaca anak TK Tunas Mulia Sekoto Kecamatan Badas Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Diperoleh data kriteria baik pra siklus sebesar 45 % kemudian meningkat menjadi 60 % pada siklus I Kemudian meningkat menjadi 70 % pada siklus II, dan akhirnya meningkat menjadi 85 % pada siklus III Kata Kunci : Kemampuan membaca, Media Boneka Jari

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI