Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa sampah daur ulang masih belum begitu dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan kreativitas seni anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sampah daur ulang terhadap kreativitas seni dan pengaruh apa yang didapat dari kegiatan pemanfaatan sampah daur ulang terhadap kreativitas seni anak usia dini. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah desain eksperimen dengan dua pola penelitian yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menggunakan teknik Kolmogorov Smirnov, Levene Test, Independen Sample T Test dan Paired Sample T Test. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B Raudhatul Athfal di Kecamatan Gurah sebanyak 57 anak didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah mengolah data nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pengambilan nilai pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebanyak 6 kali. Data nilai pre-test dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata didapatkan nilai p-sig 0,094 sehingga dapat dinyatakan kedua kelas tersebut mempunyai kemampuan awal yang sama. Data nilai post-test dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis 2 rerata didapatkan nilai p-sig 0,0001 dimana nilai hipotesis alternatif kurang dari nilai a = 0,05; hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata antara nilai kelas kontrol dan nilai kelas eksperimen. Nilai rata-rata kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 19,79 > 18,38 sehingga terdapat pengaruh positif pada kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan sampah daur ulang berpengaruh positif terhadap kreativitas seni
Marsudi, Saring. 2006. Permasalah dan Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Surakarta: UMS. Tidak diterbitkan.
Pekerti, Widia, dkk. 2014. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 146 Pasal 5. Kemdikbud.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutidja, Trim. 2007. Daur Ulang Sampah. Jakarta: Bumi Aksara.