Berdasarkan hasil observasi guru, permasalahan dalam penelitian ini adalah yang pertama yaitu anak belum mampu mengembangkan kreativitas dengan baik karena kegiatan pengembangan yang kurang bervariasi sehingga belum mampu menarik perhatian anak. Yang kedua, anak tidak tertarik pada media kegiatan yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Alternatif pemecahan pada permasalahan di atas adalah dengan cara menerapkan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang. “Apakah dengan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang dapat mengembangkan kreativitas pada anak kelompok A TK Islam Terpadu Empat Mei kecamatan Pare kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitiannya adalah anak kelompok A TK Islam Terpadu Empat Mei Kecamatan Pare Kabupten Kediri. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik penilaiannya menggunakan lembar observasi dan penilaian hasil karya anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pratindakan menunjukkan kreativitas anak masih rendah, ketuntasan belajar anak hanya 35%. Pada tindakan siklus I menunjukkan peningkatan sebanyak 25% yaitu menjadi 60%. Pada tindakan siklus II meningkat lagi sebanyak 20% yaitu menjadi 80%, ini berarti telah memenuhi kriteria nilai ketuntasan belajar minimum yang ditetapkan yaitu 75%, sehingga tidak perlu diadakan tindakan selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kegiatan kolase menggunakan cangkang kerang dapat mengembangkan kreativitas pada anak kelompok A TK Islam Terpadu Empat Mei Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018.
Aisyah. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Craft, Anna. 2003. Membangun Kreativitas Anak. Depok: Inisiasi Press.
Lestariningrum, Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Muharrar, Syakir dan Verayanti, Sri. 2013. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang: Esensi Erlangga Group.
Rachmawati dan Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.