UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B RA Kusuma Mulia XXI Balong Jambe Tahun Pelajaran 2017/2018)


Author (Penulis)

DYAH ASTRI CENDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0364

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan dan penilaian guru terhadap perkembangan anak kelompok B RA Kusuma Mulia XXI Balongjambe Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, yang menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak belum berkembang dengan baik. Alternatif pemecahan permasalahan di atas yaitu  dengan menerapkan kegiatan menganyam menggunakan kertas origami. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan model dari Kurt Lewin, yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan , dan refleksi.Adapun tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan penilaian unjuk kerja.Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang sangat baik dengan nilai ketuntasan belajar pada siklus I: 60%, dan siklus II: 80%. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimun yang ditetapkan yaitu 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menganyam menggunakan kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B RA Kusuma Mulia XXI Balongjambe Kecamatan Badas Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Olivista.2010. KeterampilanMotorikHalusdalamPerkembanganAnak.(Online) Tersedia: http://olivista.com/parenting/apa-itu-keterampilan-motorik-halus:fine-motor-skill-dalam-perkembangan-anak/. Diunduhpada 2 Desember 2017.

Sanjaya, Wina. 2010. PenelitianTindakanKelas. Jakarta: KencanaPerdana Media Group.

Saputra&Rudyanto. 2005. PembelajaranKooperatifUntukMeningkatkanKeterampilanAnak. Jakarta: Depdiknas

Sumanto. 2005. PengembanganKreativitasSeniRupaAnak TK.Jakarta: Depdiknas, DirjenPendidikanTinggi, DirektoratPembinaanPendidikanTenagaKependidikandanTenagaPerguruanTinggi.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI