Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan guru bahwa di TK Dharma Wanita Srikaton Kecamatan dan belum maksimal. Dari latar belakang tersebut peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan media Bola Dunia. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian model Kemmis dan Taggart, yang didalam siklus atau putaran terdiri atas empat komponen yang dilaksanakan secara bertahap. Keempat komponen tersebut adalah : (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Observasi, dan (d) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Tindakan dinyatakan berhasil jika ketuntasan mencapai sekurang-kurangnya 75%. Hasil menunjukkan pada siklus pertama ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai 57% meningkat kemudian pada siklus II yaitu 71% kemudian pada siklus III ketuntasan anak meningkat yaitu 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan media Bola Dunia dapat dibuktikan kebenarannya dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Srikaton Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima
Nuraini, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: Indeks
Hopkins. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sujiono, Bambang, dkk. 2010. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan Banten: Universitas terbuka
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup