Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Papan Flanel di Kelompok B TK Dharwa Wanita Blabak 1 Desa Blabak Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri


Author (Penulis)

NI'MATUS SHOLIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0351P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok B TK Dharma Wanita Blabak I Kecamatan Kandat masih rendah. Hal tersebut disebabkan penggunaan media belajar yang hanya terbatas pada buku majalah, sehingga kurang menarik minat belajar anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan pembelajaran menggunakan media papan flannel pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Blabak I Desa blabak Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Blabak I Desa Blabak Kecamatan Kandat kabupaten Kediri dengan jumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, Lembar Observasi, Kegiatan Pembelajaran dan Lembar Penilaian Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar dari setiap siklus. Prosentase ketuntasan belajar anak pada siklus I adalah 54,9%. Pada siklus II meningkat menjadi 64,6% dan pada siklus III mencapai 80,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media papan flannel dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Blabak I Desa Blabak kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Bagi guru TK hendaknya dalam pembelajaran menggunakan media/alat yang menarik dan mudah diingat; (2) Bagi orang tua hendaknya dirumah menyediakan fasilitas dan senantiasa membimbing, mengarahkan, dan mendampingi aktivitas anak dengan baik; (3) Bagi lembaga hendaknya menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan prestasi hasil belajar anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI