MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU CERIA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH IV NGRONGGO KECAMATAN KOTA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DWI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0348P

Abstract

ABSTRAK DWI HANDAYANI, NPM. 14.1.01.11.0348P : Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Ceria Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah IV Kelurahan Ngronggo Kecamatan Kota-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Aisyiyah IV masih belum berkembang secara optimal. Hal tersebut nampak dari data hasil penilaian belajar anak yang masih belum tercapai yaitu hanya 35% hasil ketuntasan belajar atau 7 anak dari 20 anak yang tuntas belajar. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media kartu ceria dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Aisyiyah IV Kelurahan Ngronggo Kecamatan Kota Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok B TK Aisyiyah IV Kelurahan Ngronggo Kecamatan Kota Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan Dua Siklus. Menggunakan instrument berupa teknik penelitian, teknik pengumpulan data, berupa RKM, RKH, Lembar Penilaian Observasi Kegiatan Pembelajaran dan Unjuk Kerja untuk kegiatan siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan kegiatan pembelajaran menggunakan media kartu ceria dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak yang hasilnya dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada ketuntaan membaca anak, (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran menggunakan media kartu ceria dapat meningkatkan motivasi anak, sehingga hasil belajar anak semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, kepada para guru TK atau RA untuk maksud yang sama yaitu mengembangkan kemampuan membaca permulaan bisa menggunakan media kartu ceria. Disarankan bagi kepala dan guru Taman Kanak-Kanak khususnya TK Aisyiyah IV Kel. Ngronggo Kota Kediri menggunakan permainan menyusun huruf dengan media kartu ceria dapat meningkat dengan baik. Kata Kunci : kemampuan membaca permulaan, media kartu ceria, anak usia dini

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI